bapak

Haiii guys,, kalian mau liburan? Bingung mau kemana? Udah deh. Nggak usah yang namanya bingung bingung. Sekarang udah banyak banget objek wisata yang keren keren dan bakal bikin kalian betah untuk berlama lama disana. Berwisata memang menjadi pilihan setiap orang untuk melepas penat yang telah dijalani di hari hari biasa yang sering disebut refreshing. Namun, tak jarang juga lo para wisatawan datang berwisata untuk berlibur sekalian belajar. Apa kalian juga ingin mencoba sensasi berlibur dengan konsep rekreasi edukasi?

Jika ya, tempat wisata yang terletak dijogja ini adalah solusinya. Mengapa Jogjakarta? Saat ini atau bahkan sudah berpuluh puluh tahun lalu, Jogjakarta dikenal dengan kota pendidikan yang dimana setiap sudut dikota tersebut memiliki sejarah dan ilmu pengetahuan yang unik dan menarik. Seperti misalnya di keraton jogja, keraton yang telah lama terbangun dikota jogja ini menyimpan segunang ilmu dan informasi yang berguna untuk wisatawan yang berkunjung.

dulu

            Kraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata favorit  yang paling sering dikunjungi di kota Jogja. Sebagian kompleks  kraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik  kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa,  replika pusaka keraton, kereta kencana dan gamelan. Dari segi  bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur  istana Jawa yang terbaik, memiliki beberapa balairung mewah dan  lapangan serta paviliun yang luas.

            Kraton Yogyakarta Hadiningrat berada tepat di sebelah selatan Alun-alun Utara kota Yogyakarta atau hanya berjarak kurang lebih 50 meter dari Jalan Malioboro atau yang kini telah resmi berganti nama menjadi jalan Margo Mulyo. Jadi jika pengunjung menggunakan kereta api, pengunjung bisa turun di stasiun Tugu lalu berjalan lurus ke arah selatan melewati perempatan Jalan Malioboro sampai bertemu dengan lapangan luas yang tidak lain adalah Alun-alun Utara.

Di keraton Jogjakarta pengunjung dapat menikmati berbagai macam aktivitas. Seperti wisata sejarah, wisata sejarah ini maksudnya adalah pengunjung dapat melihat barang bersejarah koleksi keraton Yogyakarta dari dekat seperti kereta kencana para raja Yogyakarta pada zaman dahulu, koleksi lukisan, benda pusaka seperti keris, tombak dilengkapi dengan nama-namanya, perangkat musik seperti gamelan dan gong. Selain itu, pengunjung bisa puas berfoto dengan background benda-benda koleksi keraton Yogyakarta yang tentunya tidak bisa orang lain dapatkan di tempat lain. Namun untuk bisa mengambil foto di lingkungan keraton sepuasnya, pengunjung harus membayar tiket izin mengambil gambar seharga Rp.1000,-. Murah bukan?. Tak hanya itu, kegiatan menarik lainnya yang terdapat di Jogjakarta adalah menonton pagelaran seni.pengunjung dapat melihat pagelaran pentas seni yang digelar setiap hari untuk para wisatawan. Hal ini lah yang membuat banyak sekali para wisatawan yang penasaran sekali dengan keberadaan keraton ini.

hai

Jika kalian ingin berkunjung ke keraton jogja,kalian dapat mengunjunginya sewaku waktu jika kalian sedang berada di kota Jogjakarta.  Kraton Yogyakarta dibuka untuk para wisatawan setiap hari dari jam 08.00 – 14.00 wib. Tapi khusus untuk hari Jum’at, wisata kraton Jogja dibuka dari jam 08.00 wib – 12.00 wib. Adapun harga tiket masuknya adalah sebesar Rp.7.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 12.500,- untuk wisatawan asing atau manca negara. Cukup terjangkau,bukan? Maka dari itu, marilah berlibur ke kraton Jogjakarta untuk mendapatkan sensasi liburan rekreasi dan edukasi yang bermanfaat dan pastinya akan memberikan kalian pengalaman yang takkan terlupakan. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *